Daftar Blog Saya

Senin, 08 Juli 2019

KOLABORASI AUDIT KOTAKU 2019 BERSAMA DPRKPCK


Oleh : Eddy Iwantoro
Askot Mandiri Kabupaten Sumenep

Hingga akhir Februari 2019, audit BKM belum terlaksana di Kabupaten Sumenep yang notabene salah satu lokasi KOTAKU di Jawa Timur. Menurut Pedoman Pengelolaan Keuangan dan Pelaksanaan Audit Independen LKM, dinyatakan setelah tutup buku pada tahun sebelumnya maka audit independen harus segera dilaksanakan. Keterlibatan Auditor Independent dalam melakukan audit terhadap LKM/BKM merupakan bentuk nyata dari masyarakat akan pentingnya penilaian pihak luar untuk membuktikan transparansi dan akuntabilitas, untuk itu setiap tahun LKM/BKM harus mengauditkan diri kepada auditor independent.

Setelah menyerap informasi lapang dan diskusi bersama di Tim Askot Mandiri Sumenep, bahwa yang menjadi salah satu penyebab keterlambatan pelaksanaan kegiatan tersebut adalah ketiadaan BOP untuk membiayai pelaksanaan kegiatan tersebut. Di satu sisi, BKM/LKM siap melaksanakan audit untuk mempertanggung jawabkan kegiatannya selama setahun kemarin dan di sisi lainnya terkendala pembiayaan walaupun sebenarnya harus terbiayai dari sumber swadaya masyarakat. Namun, tak urung permasalahan ini juga dikomunikasikan dengan pihak Satker KOTAKU Kabupaten Sumenep dengan menyajikan beberapa data pinjaman bergulir serta permasalahan lapang. Dari beberapa diskusi dalam beberapa waktu, akhirnya Satker bersepakat untuk membiayai kegiatan audit independen tersebut sebagai bagian transparansi dan akuntabilitas serta kolaborasi kegiatan KOTAKU di Kabupaten Sumenep. Ini menunjukkan keseriusan pihak kota untuk menjadikan program ini sebagai program yang terus berjalan dalam koridor sesuai ketentuan yang ada.

Dari 23 desa/kelurahan yang melaksanakan audit independen dengan 16 diantaranya dibiayai oleh DPRKPCK Kabupaten Sumenep masing-masing Rp. 500.000,- (Lima Ratus Ribu Rupiah) dan 7 desa/kelurahan lainnya adalah lokasi BDI tahun 2018 dengan biaya dari BOP BKM secara mandiri. KAP Erfan dan Rakhmawan Surabaya yang ditunjuk menjadi auditor, menerjunkan 2 tim dan membagi pelaksanaannya dalam 3 hari mulai 13-15 Mei 2019, dengan melakukan kunjungan langsung ke masing-masing BKM/LKM di desa/kelurahan setempat. Pihak Satker pun ikut memantau pelaksanaan kegiatan tersebut dengan mengirim beberapa staf yang bergantian tiap hari. Tentunya ini menjadi nilai plus bagi pelaksanaan KOTAKU di Kabupaten Sumenep. Ke depan, akan digagas kegiatan-kegiatan untuk semakin menggugah dan memberikan kontribusi nyata dalam even berikutnya. Semoga !

Audit oleh KAP Erfan dan Rakhmawan di Balai Desa Kertasada

1 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus

  BKM 'Estu' Desa Marengan Daya  Berikan Bansos Bagi Warga Miskin dan Lansia Rabu, ( 27/04 ) Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Es...